Tentang Man 3 Malang, sekolah kami tercinta..


MAN 3 Malang merupakan sekolah yang bagus. Karena selain mempelajari pelajaran umum di sekolah ini mempelajari banyak pelajaran agama juga. Di sini juga ada kelas yang khusus berorientasi Timur Tengah yaitu MABI. Di sini khusus mempelajari agama secara jelas dan dalam. Ini yang membedakan MAN 3 Malang dengan sekolah yang lain.

Namun meskipun bagus tapi banyak yang perlu diperbaiki. PERTAMA,..Kalau untuk bangunannya bagus, bener banget kalau bayarnya mahal tapi di setiap kelas masih banyak tembok-tembok yang kotor dan harus diperbaiki. Bahkan di kelas saya XI IPA 2 banyak keramik yang copot dari dindingnya. Terus juga masih kurangnya kesadaran akan kebersihan. Padahal UKS MAN 3 malang sudah terkenal sebagai juara 1 LLSS (Lomba Lingkungan Sekolah Sehat). Tapi itu semua juga membutuhkan kerjasa antar seluruh warga MAN 3 Malang sendiri.
KEDUA,.. masalah dengan kamar mandi yang sangat kurang. Karena di MAN 3 Malang ini setiap tahun mesti kelasnya bertambah sehingga muridnya bertambah banyak pula. Yang paling susah adalah kelas di lantai 3, kalau mau ke kamar mandi harus turun ke lantai 2 dulu. Itupun jaraknya jauh dan itu membutuhkan waktu untuk verjalan ke sana. Dan juga nanti kalau terlambat masuk kelas, disuruh minta surat izin ke kantor piket. Kasihan juga buat anak cowok, karena kamar mandi buat cowok Cuma ada 1 meskipun itu bersekat-sekat. Tapi kan jumlah cowok itu kan banyak dan ada juga yang menempati kelas yang jauh dari kamar mandi.
KETIGA,.. untuk koperasi MAN 3 Malang, makanan yang tidak layak untuk dimakan mohon jangan dijual. Misalnya macaroni merah pedas yang dapat membahayakan pembeli, terutama siswa dan siswi MAN 3 Malang sendiri. Karena makanan itu banyak mengandung bahan pengawet dan perwarna. Dan zat perwarna yang ada di makanan itu tidak bisa hilang. Apalagi kalau mengenai baju atau kertas, maka zat itu akan melekat pada baju atau kertas tersebut.
KEEMPAT,..Untuk rolling kelas yang diadakan tiap semester. Saya nggak setuju karena itu akan merusak kekompakan anggota di kelas yang baru saja terjalin. Jadi apabila kita memasuki kelas baru, otomatis kita harus adpatasi dan pendekatan lagi dengan temen2 kelas yang baru. Dan kalau saya boleh menyarankan agar kelas XI untuk tahun ini tidak di rolling. Karena kita sudah menjalin kekompakan dan kekeluargaan di dalam kelas. Dan kita dari kelas XI tidak mau dirusak kekompakan dan kekeluargaan kita dengan dirollingnya kelas kita.
Kalau untuk pembelajaran se dah bagus. Tapi kadang berbeda pendapat antara siswa dan gurunya.
Kalau pendapat lain, yaitu di MAN 3 Malang salah menerapkan full day school, karena sebenernya kalau full day school itu segala sesuatu yang berhubungan dengan pembelajaran seharusnya diselesaikan di sekolah. Tetapi kalau di sekolah ini udah full day school,tugas masih numpuk. Apalagi kalau tugas yang harus dikumpulin pada waktu yang bersamaan. Belum lagi kalau kebarengan ma ulangan harian juga, itu akan sangat menyulitkan siswa-siswinya.
Mungkin itu sedikit tulisan yang saya berikan buat MAN 3 Malang. Semoga dengan tulisan ini saya dapat merasakan sedikit perubahan. Sehingga dapat membuat saya lebih mencitai sekolah tercinta ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar